Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Unesco, Dari Pencak Sampai Lumpia

  • October 23, 2020
warisan budaya indonesia

Warisan budaya indonesia – Salah satu dalang wayang kulit, Manteb Sudarsono, menjadi saksi histori penetapan Wayang sebagai warisan budaya dunia 13 tahun silam. Bagi Ki Manteb, kebanggaan wayang diakui bumi tidak sebanding dengan nasib pentas pewayangan yang waktu ini semakin sepi peminat. Kain batik ini masuk dalam jajaran situs warisan jagat pada tahun 2009 karena cara pembuatannya yang beda, yaitu masih manual menggunakan peralatan sederhana dan jalan yang sederhana yaitu memakai “malam”. Gamelan adalah setaraf alat musik yang mengeluarkan bunyi-bunyian eksentrik sekaligus maksimum warna.

Dalam rangkaian tersebut terdapat gong, gambang, gendang, dan sebagainya. Gamelan sering digunakan untuk mengiringi acara-acara etiket terutama dalam masyarakat Jawa. Benda ini ditetapkan untuk warisan budaya Indonesia untuk dunia pada 2014 lalu.

“Saya menjadi saksi silsilah dan pelaku sejarah ratifikasi wayang sebagai warisan akal budi dunia. Saya tampil sepanjang tiga menit di sebelah hadapan pejabat PBB di pangkalan UNESCO. Senang dan besar kepala ketika PBB mengakui wayang sebagai warisan budaya jagat asli Indonesia. Memang tinggi untuk pentas wayang olehkarena itu harus menghidupi para pemainnya yang banyak.

Hari ini genap 13 tahun Badan Petunjuk dan Kebudayaan PBB UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan budaya dunia. Ratusan penuntut seni pedalangan, seniman pewayangan menggelar aksi merayakan Wayang sebagai warisan budaya dunia. Batik sendiri dihasilkan dari cara yang sangat berbeda yaitu menuliskan lilin panas terbang kain menggunakan canting. batik sudah dikenal semenjak kerajaan majapahit dan terus berkembang hingga saat tersebut dengan berbagai macam motif dan kreasi. Taman nasional yang terletak di Papua ini memiliki luas kira-kira 2. 400. 000 Ha dan pemandangan gletser di daerah tropis yang digabungkan dengan pemandangan dataran ringan yang menakjubkan.

Kreatifitas dalang menjadi kunci pementasan wayang, ” kata Manteb Sudarsono. Panggung berjajar wayang leather dan gamelan disiapkan untuk acara tersebut yang disajikan selama 36 jam tanpa henti oleh 28 dalang. Demikian sekelumit kegiatan pertunjukan 13 tahun UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan pikiran dunia.

Kenneth

E-mail : admin@zachandchristie.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*