Cara Alami Mengobati Amandel Pada Anak

  • October 17, 2020

Obat amandel – Anak-anak seringkali menderita tonsilitis. Penyebab penyakit ini bisa berupa infeksi bakteri atau virus. Ketika seorang anak terkena tonsilitis, mereka mengalami sakit tenggorokan, kesulitan menelan, suara serak dan bau mulut.

Bahkan melihat ke dalam mulut bayi Anda, Anda bisa melihat amandel yang membengkak. Namun, jangan khawatir karena selain pengobatan medis, ada beberapa metode pengobatan amandel alami yang bisa Anda lakukan.

Berikut beberapa cara efektif mengobati amandel secara alami.

# 1. Air asin

Air garam sebenarnya bisa menjadi bahan alami dalam pengobatan tonsilitis. Dorong anak Anda untuk berkumur dengan air garam untuk meredakan tonsilitis. Berkumur dengan air hangat dan garam bisa mengurangi sakit tenggorokan dan nyeri akibat amandel. Selain itu juga dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan.

Caranya adalah dengan menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air. Lalu hatiku sampai garamnya larut. Mintalah anak Anda berkumur dengan campuran tersebut dan minta mereka mengangkat kepalanya sedikit agar air menyentuh tenggorokannya tanpa menelannya. Lakukan ini selama 10 hingga 15 menit. Kemudian minta anak Anda untuk membilas mulutnya dengan air bersih.

Teh madu panas

Teh panas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apalagi jika teh hangat dicampur dengan madu, efeknya akan lebih besar. Anda bisa menambahkan madu ke teh untuk menyembuhkan amandel anak Anda. Teh panas yang dicampur dengan madu memiliki sifat antibakteri yang kuat. Terlebih lagi, ini juga dapat membantu mengobati infeksi yang menyebabkan tonsilitis.

Cara penggunaannya adalah dengan menyeduh secangkir teh hangat dan mencampurkannya dengan 1 sendok teh madu. Jangan gunakan air panas, karena dapat memperburuk tonsilitis anak Anda. Setelah disiapkan, aduk hingga meleleh dan mintalah anak Anda meminumnya sepanjang waktu. Radang amandel juga akan membaik dan tenggorokan anak Anda akan terasa rileks.

# 3. Cuka apel

Tak hanya untuk kecantikan, cuka sari apel juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Anda bisa membuat cuka sari apel untuk mengobati tonsilitis anak Anda. Berkumur dengan cuka sari apel ternyata bisa membantu memecah batu amandel dan mengurangi pembengkakan amandel.

Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air hangat. Jadi, mintalah si kecil berkumur secara rutin sekitar 3 kali sehari. Namun, ada risiko masalah pencernaan dan karies gigi saat menggunakan cuka sari apel. Karena itu, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan cuka sari apel.

# 4. Akar licorice

Akar licorice telah terbukti banyak digunakan untuk mengobati radang tenggorokan, salah satunya disebabkan oleh tonsilitis. Akar ini efektif meredakan radang tenggorokan sebagai solusi berkumur

Akar licorice juga ditemukan dalam tablet hisap, yang dapat meredakan ketidaknyamanan dan pembengkakan pada amandel dan tenggorokan. Namun, pelega tenggorokan ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena berisiko mati lemas. Akan lebih aman untuk menggantinya dengan semprotan cincin yang hanya mengandung akar licorice.

# 5. Echinacea

Echinacea adalah jenis bunga yang banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Bunga ini mampu memperkuat daya tahan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit infeksi. Echinacea juga mengandung sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengobati tonsilitis. Anda bisa menemukannya sebagai ekstrak cair, yang bisa ditambahkan ke air panas atau sup yang dimakan bayi Anda.

Anda bisa mengonsumsi Echinacea dalam air panas atau sup tiga kali sehari. Anak-anak dapat dengan mudah mengkonsumsinya karena ini bukan tablet atau kapsul. Selain itu, sisa rasa juga akan tersembunyi saat mengonsumsi sup.

Selain itu, pastikan anak Anda mendapat istirahat yang cukup dan tidak melakukan berbagai aktivitas yang dapat melemahkan sistem kekebalannya. Jika daya tahan tubuh melemah, tonsilitis akan sulit disembuhkan. Tawarkan anak Anda makanan yang hangat dan bergizi agar ketidaknyamanan di tenggorokan berangsur-angsur membaik.

Anda juga bisa memasang humidifier di dalam ruangan yang melembabkan udara sampai radang amandel hilang. Humidifier juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan atau mulut kering akibat amandel. Jika tonsilitis anak Anda tidak kunjung membaik, dokter harus segera menemui dia.

Kenneth

E-mail : admin@zachandchristie.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*